Mengaktifkan Wireless Broadcom di Ubuntu 9.10 dan Ubuntu 10.04

Broadcom merupakan salah satu merek wireless yang digunakan di beberapa manufactur Laptop terkenal khususnya COMPAQ . Pada saat ini, laptop yang saya gunakan adalah COMPAQ, jadi otomatis menggunakan wireless broadcom. Sebenarnya saya sangat suka dengan wireless ini karena kekuatannya menangkap sinyal dari access point. Namun, setelah saya meng-install ubuntu, saya menemukan kesulitan untuk mengaktifkan wireless ini. Saya sempat berfikir untuk membeli atau mendownload driver-nya. Namun, saya menemukan tutorial untuk mengatasinya. Berikut saya jelaskan untuk Ubuntu Karmic Koala dan Ubuntu Lucid Lynx.

  1. Ubuntu Karmic Koala
    1. Masukkan installer Ubuntu 9.10 (CD/DVD/USB)
    2. Pilih Try UBUNTU without installing
    3. Buka terminal, lalu ketikkan :
      ubuntu@ubuntu: sudo apt cdrom add
      ubuntu@ubuntu: sudo apt-get install dkms patch fakeroot bcmwl-kernel-source
    4. Reboot PC
    5. Cek Administration ==> hardware drivers
    6. aktifkan driver wireless anda
  1. Ubuntu Lucid Lynx
    1. Aktifkan komputer
    2. Masukkan Installer Ubuntu 10.04 (CD/DVD/USB)
    3. Buka nautillus
    4. Pilih drive yang berisi installer Ubuntu 10.04
    5. Pilih dan Install file- file berikut :

      /pool/main/p/patch/patch_2.5.9-5_i386.deb

      /pool/main/d/dkms/dkms_2.1.0.1-0ubuntu1_all.deb

      /pool/restricted/b/bcmwl/bcmwl-kernel-source_5.10.91.9+bdcom-0ubuntu4_i386.deb

    6. Reboot PC anda
    7. Aktifkan Wireless

Leave a Reply

