Migrasi Dari Windows Ke Linux

Linux merupakan salah satu sistem operasi yang banyak digunakan di dunia, selain Windows dan Mac Os. Selain Linux merupakan sistem operasi alternatif, Linux juga merupakan sistem operasi yang dikenal dengan anti propietari dan anti terhadap serangan virus. Bicara tentang lisensi, sudah dijamin bahwa lisensi milik Linux (Selain Distro Redhad) sudah pasti free. Dan masih banyak lagi keunggulan – keunggulan lainnya dibanding sistem operasi propietari lainnya. Maka dari itu, saya mengajak anda untuk migrasi dari sistem operasi propietari khususnya anda yang pengguna windows untuk migrasi ke Linux. Migrasi bukan berari anda harus secara tiba- tiba me-remove sistem operasi propietari (Windows) anda dan menggantikannya dengan salah satu distro Linux. Hal itu akan membuat anda terkejut karena anda tiba- tiba menggunakan sistem operasi yang jauh berbeda cara penggunaannya dengan Windows. Maka dari itu, saya menyarankan anda untuk menginstall dua sistem operasi di PC anda. Dengan hal ini, anda masih dapat bekerja di windows walaupun anda telah menginstall Linux. Untuk melakukan hal itu, anda perlu menyediakan salah satu partisi harddisk anda. Dan mem-Backup data – data di dalamnya ke partisi yang lain. Lalu anda bisa melakukan installasi Linux ke partisi yang telah kosong tersebut.

Dalam menginstall Linux, pertama- pertama anda harus memilih distro yang akan anda gunakan. Karena distro linux yang ada sudah sangat banyak sekali, maka saya sarankan anda untuk menggunakan UBUNTU 10.04 Lucid Lynxyang merupakan versi LTS (Long Term Support). UBUNTU merupakan distro Linux yang penggunannya sangat user friendly.

Setelah Anda berhasil menginstall Ubuntu ke dalam PC anda, sekarang anda dapat bekerja seperti apa yang dapat anda lakukan di Windows. Misalnya Untuk pekerjaan Office, anda tidak perlu lagi menginstall aplikasi office lagi karena telah ter-include di dalamnya. Tidak seperti di Windows, jika anda tidak menginstall aplikasi office dahulu, anda akan mengetik di notepad. Itulah kelebihan dari Linux. Namun, untuk beberapa software lainnya anda harus menginstall sendiri melalui repository via internet maupun repositry lokal. Untuk cara- cara penginstalan software, saya akan menjelaskannya di posting berikutnya.

Penggunaan Linux, sudah sangat dikenal oleh dunia, banyak orang mengatakan bahwa Linux nantinya akan mengalahkan Windows. Hal ini dapat dibuktikan karena ada beberapa hal yang tidak dapat dilakuakan oleh Linux, namun tidak di Windows. Seperti, masalah security yang sangat mengganggu dan meresahkan anda apabila windows anda terinfeksi oleh Virus. Lain halnya dengan Linux, Di sistem operasi ini, Virus tidak dapat menginfeksi sistem apalagi untuk bereproduksi, jadi anda akan merasakan keamanan dalam penggunaannya. Pada postingan selanjutnya, saya akan menjelaskan tentang bagaimana cara mengupdate repository via miror terdekat, maupun via repository lokal.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: