Dia = alternatif Ms.VISIO for flowchart & ER-Diagram

Untuk membuat flowchar dan ER-diagram, tentunya kita membutuhkan suatu tool yang bisa membantu kita untuk menggambar suatu bentuk yang dibutuhkan misalnya square sebagai simbol proses dalam flowchar dan sebagai simbol entity dalam ER – diagram. Tool yang sangat powerfull tentu saja kita akan langsung menuju pada Ms. Visio yang memang sangat terkenal. Pada saat saya mulai bermain dengan open source saya agak kebingungan , bagaimana caranya membuat flowchar secepat saya membuatnya di visio tapi dengan open source ?. lalu ada referensi menyarankan agar saya mencoba DIA. memang namanya cukup aneh , namun setelah saya coba, dia memang benar- benar sangat powerfull bahkan melebihi visio untuk pembuatan flowchart dan ER diagram. Namun untuk pembuatan yang lain, saya belum yakin. Karena DIA masih dalam proses pengembangan oleh para developernya. DIA juga tersedia untuk penggunaan di Windows.

2 thoughts on “Dia = alternatif Ms.VISIO for flowchart & ER-Diagram

  1. winendah 11/01/2010 at 7:52 am Reply

    saya masih agak bingung pakai DIA

    • xaxioza 11/02/2010 at 7:56 am Reply

      Penggunaan DIA sebenarnya cukup mudah, kita tinggal pilih yang akan shape yang diperlukan (tinggal klik- klik aja)
      di postingan selanjutnya saya akan mendemokan cara membuat flowchart dan er-diagram

Leave a Reply

