Restore Panel Gnome

Beberapa waktu yang lalu, Desktop Gnome saya agak error. Panel yang ada , tidak terkontrol seperti biasanya dan tidak bisa dihapus. Maklum- lah, masih newbie. Saya sempat frustasi gara- gara Error ini. Sempat terlintas di otak saya , satu- satunya jalan untuk menyelesaikan masalah ini adalah Re-install Gnome alias instal ulang Gnome. Tapi, masalahnya saya tidak mendapat referensi yang cukup untuk Re-install Gnome. Setelah Googling selama 2 jam, akhirnya saya dapat solusi dari salah forum Linux agar Restore Gnome bukan Re-install Gnome.

Kedengarannya memang agak Impossible buat seorang newbie, namun, beberapa expert memberi saya clue sebagai berikut :

Ubuntu@Ubuntu :$ gconftool-2 –recursive-unset /apps/panel
Ubuntu@Ubuntu :$ pkill gnome-panel

Namun, waktu saya coba , masih belum bisa malahan muncul pesan Command Not Found

Terus cari Referensi lagi , akhirnya dapat file *.tar.gz [click to download] yang katanya didalamnya terdapat file *.sh tinggal extract -> double klik, So, Langsung restore panel. Dan akhirnya selesai juga , panel saya bisa kembali ke bentuk semula.

Leave a Reply

