Hidding a file into another one (Menyembunyikan suatu file kedalam file yang lain)

Biasanya kita menyimpan suatu file rahasia dengan menggunakan software seperti folder hidden dll. Namun kenyataannya file tersebut tidak benar benar disembunyikan. Sehingga timbul pertanyaan bagi saya untuk mencari cara bagaimana cara untuk menyembunyikan file agar benar- benar aman. Setelah sedikit oprek- oprek command promt, akhirnya kemarin saya mendapatkan cara menyembunyikan suatu file dengan ekstensi tertentu kedalam file dengan ekstensi yang lain ataupun sama.

Berikut caranya :

  1. Siapkan file yang akan disembunyikan dan file yang akan dikorbankan sebagai tempat penyimpanan. Kali ini, saya menyiapkan file gambar sebagai korban dan file video sebagai file yang akan di-hidden

  • Buka command prompt
  • Ketikkan : move lokasi_file lokasi_file_koban
  • Apabila muncul pesan Overwrite …….?(Yes/No/All):

Maka ketikkan :Y

Bentuk hasil file yang telah dihidden

Untuk membukanya/ read file, kita harus menggunakan software yang sesuai dengan file yang di-hidden. Karena file yang saya hidden adalah file video, maka saya menggunakan media player  untuk menjalankannya

Leave a Reply

