Google Developer Group (GDD) DevFest Surabaya

Amazing event on STIS. Google’s expert came there to share and talk all about google technology. There are some great speakers. i met with anna chernova and Mercy Niebres. Wow, really nice chance came there. I hope that will be next chance on my University next year.

Here is the complete information from suraya post online
===================================================================
SURYA Online, SURABAYA – Ratusan programer software house, kalangan profesional, praktisi teknologi informasi dan mahasiswa berkumpul di Auditorium Sekolah Tinggi Teknik Surabaya (STTS), Sabtu (29/9/2012).

Di gedung yang terletak di lantai satu STTS itu digelar Developer Festival 2012 yang disponsori perusahaan raksasa Google serta diorganisir komunitas non profit Google Developer Groups (GDG) Surabaya bekerjasama dengan STTS.

Acara ini menjadi menarik karena pembicara yang dihadirkan langsung dari Google pusat yakni Merci Niebres, anggota senior pada tim Google”s Marketing Events. Kemudian Anna Chernova, Quantitative Analyst Google serta Vivi Wei Zhang, konsultan dari kantor Metaps di Singapura. Metaps merupakan distributor aplikasi berbasis android terbesar di Jepang.

Ada juga Aaron Frost, ketua GDC Utah (Amerika) dan Shannon JJ.
Merci yang tampil sebagai keynote speaker menyampaikan kekagumannya atas antusiasme komunitas Google di Surabaya. Dia mengajak komunitas ini untuk lebih aktif memanfaatkan sarana yang ditawarkan Google.

Kekaguman serupa juga disampaikan Anna Chernova ketika mengetahui bahwa respon masyarakat Indonesia khususnya Surabaya terhadap Google Maps cukup tinggi. Hal ini berbeda dengan negara lain yang masih jarang menggunakan google Maps.
Sementara Vivi We Zhang lebih banyak menyampaikan bagaimana bisa mendatangkan uang dari aplikasi android yang dibuatnya.

Sesi ini banyak mendapat respon dari peserta yang umumnya kalangan IT. Mereka banyak mengorek tentang strategi-strategi yang harus dilakukan agar aplikasinya bisa diterima pasar.

Hasbullah, salah satu peserta mengaku sering membuat aplikasi-aplikasi seperti game-game trading, namun hingga kini dia ragu mempublishnya.
“Setelah ini saya akan coba trik-trik yang disampaikan (Vivi), semoga bisa berhasil,”kata praktisi IT yang berdomisili di Bangil.

Ketua GDC Surabaya sekaligus ketua panitia acara Esther Irawati Setiawan mengatakan, acara ini dimaksudkan untuk mmeberi peluang bagi developer untuk belajar teknologi Google dan menghasilkan aplikasi. “Di sini kita bisa sharing aplikasi-aplikasi apa saja yang sudah dihasilkan. Aplikasi bisa berupa info kemasyarakatan seperti tempat-tempat makan. Semua bisa disharing di sini,”katanya.

Di acara ini juga membuka pendaftaran keanggotaan GDC Surabaya. “Ternyata responnya cukup tinggi, yang berminat sampai 350 orang. Tapi karena keterbatasan tempat terpaksa ada 50 orang yang waiting list,”katanya.
Dwi Yanti H, Humas STTS menambahkan, DGD Developer Festival ini adalah even internasional keempat yang digelar GDC bersama STTS.
“Khusus even hari ini mendapat sponsor penuh Google setelah di tiga even sebelumnya sukses dan mendapat apresiasi yang baik dari mereka (Google),”katanya.

source : http://surabaya.tribunnews.com/m/index.php/2012/09/29/google-developer-groups-gdg-surabaya-kumpul-di-stts

Tagged: , , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: