Peran Pondok Pesantren Mahasiswa dalam Pembentukan Pribadi Mahasiswa Indonesia yang Cerdas dan Berkarakter

Mahasiswa merupakan salah satu anggota dari kaum intelektual yang mana dalam perkembangannya dituntut untuk menjadi agen perubahan baik berupa perubahan pada diri sendiri maupun perubahan untuk orang lain dan lingkungan yang tentunya perubahan tersebut menuju ke jalan yang lebih baik. Namun, seiring dengan berjalannya waktu dan arus perubahan budaya yang sangat cepat, banyak mahasiswa yang lupa akan kewajibannya sebagai agent of change , di sisi lain, mahasiswa telah berubah dari apa yang seharusnya dimiliki oleh dirinya dan apa yang seharusnya dilakukan oleh dirinya. Contohnya adalah mahasiswa harus mampu mengayomi masyarakat dalam rangka pemberian pengarahan dan pencerahan apabila terdapat masyarakat yang tidak mengerti mengenai apa yang sedang terjadi dengan lingkungannya atau negaranya saat ini. Namun, pada kenyataanya banyak mahasiswa tidak mampu untuk mengayomi masyarakat bahkan banyak diantaranya tidak bisa membaur menjadi satu bersama masyarakat sebagai mahluk sosial. Hal ini, dikarenakan mahasiswa tersebut tidak terbiasa membaur atau bersosial antara yang satu dengan yang lain.

Hardskill merupakan kecakapan yang dapat diperoleh mahasiswa pada saat berada di bangku kuliah. Sudah jelas hardskill merupakan tuntutan bagi mahasiswa yang mencari ilmu supaya mendapatkan ilmu sesuai dengan bidang yang diminati. Dengan adanya hardskill yang mumpuni, diharapkan mahasiswa mampu memberikan perubahan baik pada dirinya sendiri maupun orang lain dan lingkungannya. Namun, Hardskill tentunya tidaklah cukup untuk mengantarkan mahasiswa tersebut benar- benar menjadi agent of change apabila tidak ditunjang oleh softskill yang juga mumpuni dikarenakan akan terjadi kesenjangan sosial nantinya apabila mahasiswa tersebut tidak mampu bermasyarakat.

Selain permasalahan diatas, masalah yang sering menimpa mahasiswa antara lain yaitu ketidakmampuan mahasiswa dalam mempertahankan karakternya sebagai bangsa Indonesia yakni bangsa timur yang sangat lekat dengan tata krama dan unggah- ungguh yang sangat tinggi. Hal ini dikarenakan pendidikan karakter yang telah ditanamkan pada mahasiswa tersebut sejak usia dini hingga mencapai status mahasiswa sudah mulai luntur karena lingkungan yang terus menerus mengaliri budaya asing ataupun budaya- budaya yang tidak sesuai dengan budaya bangsa Indonesia. Tidak jarang terdengar berita mengenai kekerasan maupun kenakalan yang dilakukan oleh mahasiswa seperti pergaulan bebas, aksi anarkis dan lain- lain. Tentunya, hal itu tidaklah lepas dari pengaruh lingkungan mahasiswa tersebut. Walaupun pada awalnya mahasiswa tersebut adalah mahasiswa yang baik dan teladan, namun karena buruknya lingkungan dan rapuhnya karakter yang dimiliki, maka sangatlah mudah sekali bagi budaya asing untuk merusak mahasiswa tersebut.

Maka dari itu, diperlukan suatu paradigma maupun regulasi baru guna mengembalikan citra mahasiswa yang telah di- cap buruk oleh masyarakat. Paradigma maupun regulasi ini dapat berupa aturan yang mengikat ataupun berupa system baru yang harus diterapkan kedalam kehidupan mahasiswa baik di dalam kampus maupun diluar kampus. Dengan adanya paradigma baru ini, diharapkan mahasiswa mampu mengembalikan citranya kepada masyarakat bahwa mahasiswa benar- benar merupakan agent of change.

Oleh karena itu, muncul sebuah ide untuk mendeklarasikan sebuah system baru yakni dengan cara menempatkan mahasiswa pada sebuah asrama atau pondok pesantren mahasiswa. Terkait dengan hal tersebut, tentunya diperlukan sebuah aturan – aturan yang mengikat bagi mahasiswa yang sekaligus berstatus santri . Hal ini perlu dilakukan guna menyelaraskan antara kegiatan kemahasiswaan dengan kegiatan kepesantrenan yang tidak lain tujuannya adalah untuk menciptakan mahasiswa yang memiliki kepribadian dengan karakter teguh dan kokoh namun cerdas dalam segala kondisi lingkungannya.

Tagged: , , , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: